Bekuk Polisi Gadungan, Kapolres Jaktim: Pelaku Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara

INDOPOS.CO.ID – Kapolres Metro Jaktim, Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, mengungkapkan bahwa Satreskrim berhasil menangkap seorang polisi gadungan yang sering melakukan pungutan liar terhadap pedagang di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

“Si pelaku, yang diidentifikasi dengan inisial LH, biasanya mengancam pedagang dengan menggunakan seragam polisi,” katanya kepada wartawan Senin (20/5/2024).

Menurut Nicolas, pelaku, yang mengenakan seragam dinas dengan pangkat Aiptu, mengakui bahwa aksi tersebut dilakukannya demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Dia bisa mendapatkan uang sebanyak Rp3 juta per bulan dari kegiatan memalak pedagang,” ujarnya.

Meskipun LH mengaku berasal dari Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, dia tidak pernah menangkap pelaku narkotika ketika menyamar sebagai polisi.

Nicolas menjelaskan bahwa LH sebenarnya memiliki obsesi untuk menjadi anggota polisi, tetapi gagal saat mengikuti tes Polri karena tingginya tidak memenuhi syarat.

Meskipun demikian, LH tetap berusaha menjadi anggota polisi dan melakukan tindakan menipu dengan mengenakan seragam polisi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

“LH mengaku telah melakukan aksi sebagai polisi gadungan selama empat tahun,” jelasnya.

Selain ditangkap karena menggunakan narkoba jenis sabu, dari LH juga disita bersama seragam lengkap Polri beserta senjata air softgun yang dibelinya di daerah Jakarta Selatan.

“LH dijerat dengan pasal 378 atau 508 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” pungkasnya. (fer)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Elektabilitas Tinggi, Prabowo-Gibran Kemungkinan Menang tapi Pilpres 2 Putaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *