Berbicara di Silatnas ICMI, Anies Tegaskan Perubahan Paradigma Kunci Pemerataan Pembangunan di Indonesia Timur

INDOPOS.CO.ID – Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan menjadi salah satu narasumber dalam Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (5/11/2023).

Dalam pidatonya, menurut Anies acara ICMI yang mengusung tema “Membangun Indonesia dari Timur” ini sangat relevan dengan kondisi kekinian dimana perlu dilakukan pemerataan pembangunan khususnya untuk wilayah Timur Indonesia.

“Sangat relevan sekali karena teman-teman ICMI memberikan kepada kita gambaran bagaimana agenda pemerintah ke depan untuk membereskan ketimpangan antar wilayah,” ucap Anies

Dalam paparannya Anies menjelaskan bahwa perubahan paradigma pembangunan menjadi kunci pemerataan, dimana dibutuhkan ikhtiar untuk menekankan pada pertumbuhan dan pemerataan yang sifatnya bukan hanya sektoral tapi regional.

“Dari fokus utama pertumbuhan menuju pertumbuhan dan pemerataan, dari pendekatan sektoral menjadi pendekatan regional, dan dari yang sekedar menyelesaikan proyek pemerintah menuju pada penuntasan persoalan warga,” papar Anies.

Lebih spesifik Anies menegaskan bahwa Sulawesi akan menjadi pondasi kemakmuran di Timur apalagi kekayaan dan potensi alam Sulawesi sangat melimpah. Dimana ada tiga hal prioritas yang akan didorong ke depan.

“Pertama tentu Menjadikan Sulawesi sebagai hub logistik Indonesia, kedua mendorong eco-tourism berbasis laut dan historis, dan ketuga adalah mendorong re-industrialisasi hasil bumi dengan kualitas dunia. Jika itu dilakukan maka wilayah Timur bukan hanya bangkit tapi mampu mengejar pembangunan sama seperti di Jawa dan Sumatera,” tandasnya. (dil)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Besok Jakarta Selatan Deklarasi Kota Lengkap, Jakarta Timur Menyusul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *