Elektabilitas Tinggi, Prabowo-Gibran Kemungkinan Menang tapi Pilpres 2 Putaran

INDOPOS.CO.ID – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memperkirakan, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka menang satu putaran di Pilpres 2024. Itu berdasar hasil survei elektabilitas terbaru tembus 50 persen.

LSI Denny JA melakukan, survei tatap muka (face-to-face interview) dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Dengan 1200 responden, 𝘮𝘢𝘳𝘨𝘪𝘯 𝘰𝘧 𝘦𝘳𝘳𝘰𝘳 survei ini sebesar 2.9 persen. Survei dilakukan pada tanggal 26 Januari – 6 Februari 2024.

“Semakin terbuka Pemilu Presiden 2024 berakhir satu putaran saja untuk Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka, karena pasangan ini sudah menembus dukungan 53.5 persen,” kata Peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam keterangannya diterima, Sabtu (10/2/2024).

Sementara posisi kedua diisi pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar meraih 21,7 persen. Selanjutnya paslon nomor 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md diangka 19,2 persen.

Dalam keterangan LSI Denny JA mempertanyakan, di sisa waktu tujuh hari lagi menuju pemilihan, akan adakah peristiwa besar yang akan mengurangi laju elektabilitas Prabowo-Gibran, dan membatalkan menang sattu putaran saja?

Jika dibandingkan dengan survei di bulan September 2023, sebelum ribut-ribut kasus MK, dukungan terhadap Prabowo-Gibran justru melompat tambah besar, di tujuh area.

Di antaranya pemilih muda, wong cilik, pemilih minoritas, pemilih terdidik, pemilih di Jawa Tengah, pemilih yang puas kinerja Presiden Jokowi, hingga meningkatnya pengenalan/kesukaan terhadap Prabowo dan Gibran.

Karena masih ada pemilih yang belum menentukan pilihan, pemilih yang belum militan dan 𝘮𝘢𝘳𝘨𝘪𝘯 𝘰𝘧 𝘦𝘳𝘳𝘰𝘳 (MoE) karena sampel, LSI Denny JA membuat prediksi dalam bentuk interval.

“Prabowo-Gibran berada di interval 47.9 persen hingga 58.3 persen. Anies-Muhaimin berada di interval 18.9 persen hingga 26.5 persen. Ganjar-Mahfud berada di interval 16.8 perseb hingga 24.0 persen,” tuturnya.

Baca Juga  SilnaPolskaWieś link video twitter

“Melalui prediksi interval tersebut, maka 30 persen, kemungkinan Prabowo-Gibran menang, tapi ada putaran kedua,” tambahnya. Dan 70 persen kemungkinan Prabowo-Gibran menang satu putaran saja. (dan)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *