Ini Langkah BUMN dalam Mendukung UMKM Naik Kelas

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Biofarma, Kimia Farma dan Indofarma melanjutkan rangkaian gelaran ‘Bazar UMKM Untuk Indonesia’ edisi 9-12 November 2023 di Gedung Sarinah Jakarta.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk perwujudan komitmen dan dukungan Kementerian BUMN untuk pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Ketiga BUMN kesehatan ini memfasilitasi UMKM dari berbagai daerah selaras dengan program tanggung jawab sosial lingkungan.

Guna menyukseskan kegiatan ini, Biofarma, Kimia Farma, dan Indofarma menghadirkan 122 UMKM terdaftar di PaDi UMKM, sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN. Ini sejalan dengan visi dan misi Kementerian BUMN untuk mendorong digitalisasi UMKM.

“Harapannya acara ini menjadi bentuk dukungan nyata BUMN dalam mendukung UMKM naik kelas, karena untuk UMKM naik kelas memang dibutuhkan media seperti pameran, bazaar, maupun business matching,” ujar Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting, saat konferensi pers di lokasi acara, pada Jumat (10/11/2023).

Loto menambahkan upaya-upaya tersebut, khususnya Bazar UMKM yang dilaksanakan secara rutin ini dapat menjadi pembuka jalan bagi UMKM untuk memperluas pasar eksisting, sehingga UMKM mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan karyanya.

“Dari sini, harapannya masyarakat semakin tahu produk-produk UMKM dan pada akhirnya terdorong untuk lebih menggunakan produk-produk UMKM,” sebutnya.

Sementara itu, secara terpisah, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, PaDi UMKM ini merupakan inovasi Erick Thohir untuk memfasilitasi UMKM agar dapat memasarkan produknya dalam jangkauan yang lebih luas.

“Digitalisasi UMKM ini akan didukung dengan kualitas produk UMKM, agar para konsumen dapat melakukan pembelian berulang terhadap produk-produk lokal,” katanya, melalui pernyataan tertulis.

Baca Juga  Prabowo Terima Kunjungan AM Hendropriyono di Kemhan

Turut hadir dalam pembukaan acara itu, Direktur Utama PT Indofarma Tbk, Agus Heru Darjono. Ia mengatakan keberadaan Bio Farma Group dalam mendukung pemerintah mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

“Kami dari Bio Farma Group dikenal sebagai salah satu pilar farmasi untuk mendukung kesehatan bangsa, tapi kami juga tetap hadir untuk negeri, berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat melalui program pengembangan UMKM naik kelas. Sehingga sinergi BUMN dapat mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera,” ucap Agus.

Bazar UMKM ini memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas, memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas dengan membawa produk-produk unggulan yang mengusung kearifan lokal wilayahnya masing-masing serta dengan kualitas yang mampu bersaing.

Untuk diketahui, bazar UMKM ini diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023 yang diikuti UMKM binaan berbagai BUMN secara bergiliran sepanjang tahun 2023, dengan melibatkan 1.083 UMKM yang berpartisipasi dalam Bazar, baik secara offline dan online. (rmn)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *