Jelang Pengumuman KPU, Inilah Komentar Anies Cuma Menang di 2 Provinsi

INDOPOS.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum nanti malam, Rabu (20/3/2024) akan mengumumkan pemenang Pemilu 2024, baik itu pemilihan presiden maupun legislatif. Dari tersisa dua provinsi atau 36 provinsi yang sudah direkapitulasi, ternyata Anies Baswedan cuma menang di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatra Barat.

Meski jauh tertinggal dari perolehan suara Capres Prabowo Subianto, Anies tetap menyatakan terimakasih kepada yang sudah memilihnya, terutama masyarakat di dua provinsi tersebut yang mampu memilih meski berasa dalam tekanan dan imbalan dari pihak manapun.

“Saya sampaikan kepada semua terima kasih kepada yang sudah mendukung terima kasih yang bertahan walaupun ada tekanan, walaupun ada imbalan, tetap memilih dengan hati nuraninya,” ujar Anies kepada wartawan di Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip pada Rabu (20/3/2024).

Namun begitu, Anies menjelaskan bahwa semua keputusan tetap ada ketika hasil rekapitulasi akan diumumkan secara menyeluruh oleh KPU. “Kita lihat nanti hasil selesai,” kata Anies.

Sebagai informasi, Anies dan Cak Imin mendapatkan suara terbanyak di Aceh dengan suara mencapai 2.369.534. Satu daerah lagi yang Anies-Muhaimin unggul yakni di Sumatra Barat dengan raihan suara 1.744.042.

Sementara, pada hari ini, KPU masih melakukan rapat rekapitulasi lanjutan tingkat nasional untuk dua provinsi yaitu, Provinsi Papua dan Papua Pegunungan dan setelahnya langsung mengumumkam hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu menyebutkan, KPU menetapkan hasil Pemilu secara nasional dan hasil perolehan suara pasangan calon, perolehan suara partai politik calon anggota DPR dan perolehan suara calon anggota DPD paling lambat 35 hari setelah pemungutan suara.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menyatakan, rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat nasional untuk dua provinsi tersebut dimulai pukul 10.00 WIB, setelah sehari sebelumnya pihaknya telah menyelesaikan rekapitulasi Provinsi Maluku dan Jawa Barat.

Baca Juga  Dompet Dhuafa Serukan Bantuan Bagi Rakyat Palestina

“Masih ada dua provinsi yang belum kita lakukan rekapitulasi, yang sudah hadir di Jakarta KPU Provinsi Papua Pegunungan. Jam 10 pagi (rekapitulasi). Supaya nanti Papua datang bisa kita lanjutkan,” kata Hasyim dalam kanal YouTube KPU RI dilihat, Rabu (20/3/2024).

Ia memaklumi, jumlah pemilih maupun tempat pemungutan suara (TPS) yang sangat banyak membuat Provinsi Jawa Barat lamban menyelesaikan rekapitulasi tingkat provinsi. Namun, tentu harus ada pembenahan di masa mendatang.

“Sebagai sebuah strategi ke depan tentu menjadi suatu catatan evaluasi kita semua bagaimana ke depan pelaksaan Pemilu di Jawa Barat makin baik,” ucap Hasyim.

Sementara pengumuman hasil Pemilu 2024 harus tepat waktu, seperti halnya ketika Pemilu 2019 dilakukan pada Selasa (21/5/2019) dini hari, setelah pencoblosan pada 17 April 2019. Karenanya, pihaknya berupaya rekapitulasi tingkat nasional segera rampung.

“(Pemilu) sekarang keputusannya nanti 20 Maret,” ucap Hasyim. Namun, ia tak merinci waktu pengumuman hasil pelaksanaan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

KPU telah menyelesaikan rekapitulasi tingkat nasional untuk 36 provinsi. Sebagian besar wilayah dipegang pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. (dil)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *