Kasus Vina 8 Tahun Belum Tuntas, Kinerja Polisi Dipertanyakan

INDOPOS.CO.ID – Kasus pembunuhan terhadap Vina Dewi Arsita (16) pada tahun 2016 di Cirebon, Provinsi Jawa Barat tak kunjung tuntas. Total ada 11 tersangka dalam kasus tersebut, delapan orang telah diadili, namun tiga lainnya berstatus DPO.

Kasusnya menjadi perhatian masyarakat, setelah diangkat dalam film berjudul Vina Sebelum 7 Hari pada 8 Mei 2024. Kini, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) 3 orang tersangka, namun tanpa ada foto atau sketsa wajah.

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto menyadari, adanya kendala dalam pengusutan seiring perjalanan kasus tersebut hingga penerbitan tiga tersangka DPO. Pasti penyidik yang pertama menanganinya sudah dirotasi di tubuh Polri.

“Kasus yang lama belum terungkap, memang penyidik akan menghadapi banyak masalah karena yang menangani sudah berganti beberapa kali,” kata Benny melalui gawai, Jakarta, Sabtu (18/5/2024).

Di sisi lain, ia mempertanyakan metode ilmiah dalam penyidikan tindak pidana atau Scientific Crime Investigation (SCI) untuk penanganan kasus tersebut. Dari pengecekan rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) hingga jejak Deoxyribo Nucleic Acid (DNA).

“Kemudian tergantung dari hasil olah TKP, apakah sudah optimal dengan pendekatan scientific crime investigation seperti sidik jari, DNA, CCTV, dan lain-lain,” ujar Benny.

Bisa saja dilakukan audit investigasi untuk mengawasi, mengontrol apakah penyelidikan yang dilakukan sudah tepat.

“Untuk menilai apakah penanganannya belum optimal, maka perlu dilakukan audit penyidikan dulu,” imbuh Benny.

Polda Jawa Barat menerbitkan tiga orang tersangka itu dalam kasus pembunuhan Vina. Mereka adalah Pegi alias Perong usia sekitar 30 tahun, dengan ciri-ciri tinggi 160 sentimeter (cm), badan kecil, memiliki rambut keriting dan kulit hitam.

Tersangka kedua, bernama Andi usia sekitar 30 tahun, ciri-ciri tinggi 165 cm, badan kecil, rambut lurus dan memiliki kulit hitam. Ketiga, adalah Dani, usia sekitar 28 tahun, ciri-ciri tinggi 170 cm, badan sedang, rambut keriting dan warna kulit sawo matang. (dan)

Baca Juga  Setinggi 2,7 Meter, BRIN: Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Mekar Lagi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *