Mendekati Pemilu, Lima Panwascam Diganti, Ini Alasannya

INDOPOS.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak melakukan pergantian antar waktu (PAW) kepada lima orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan(Panwascam). Kelima Panwascam yang diganti tersebut berasal dari Kecamatan Panggarangan, Cibadak, Cipanas dan Bojong Manik.

Komisioner Bawaslu Lebak, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Deden Kurniawan mengatakan, pergantian antar waktu tersebut dilakukan agar kinerja pengawas pemilu dapat berjalan dengan semestinya.

Karena, kata Deden, lima orang panwas itu empat diantaranya memilih mengabdi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), yakni A, Bah, Roh dan Sof, sedangkan satu orang tersangkut masalah pidana yakni WA.

“Lima pengawas pemilu kecamatan kita ganti. Karena mereka memilih menjadi tenaga PPPK, dan satu orang lagi tersandung masalah hukum,” kata Deden Kurniawan, kepada wartawan, Rabu(29/11/2023).

Deden mengatakan pergantian antar waktu tersebut kemudian dituangkan dalam surat bernomor 246//KP.01.00/K-BT.01/11/2023 serta sesuai dengan undang undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dan peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan peraturan badan pengawas pemilihan umum republik Indonesia nomor 8 tahun 2019.

Setelah melakukan rapat pleno, kata Deden, penetapan nama pergantian antar waktu anggota Panwas Kecamatan di Empat kecamatan, maka memutuskan untuk menetapkan Ahmad Ma’ruf sebagai Panwascam Cibadak, Hellyn Dani Achmad Suchaelia sebagai Panwascam Cipanas, Ahmad Firman Afandi sebagai Panwascam Panggarangan, Rizky Alghafany sebagai Panwascam Bojong Manik dan Muhammad Andi sebagai Panwascam Bojong Manik.

“Lima orang tersebut mulai saat ini bertugas menjadi Panwascam di masing masing wilayah Kerja,” ujar Deden.

Pengamat Sosial asal Lebak, Indra Unus mengaku mengapresiasi pergantian antar waktu yang dilakukan oleh Bawaslu Lebak. Karena kata dia, pergantian itu demi optimalnya pengawasan jalannya pemilu di daera daerah yang ada di Lebak. ”Saya rasa tetap, karena kekosongan Panwascam harus segera dilakukan pengisian, agar pengawas Pemilu ditingkat Kecamatan dapat berjalan dengan baik,” kata Indra. (yas)

Baca Juga  AILKI Sebut Ada Potensi Kelangkaan Lampu Pasca-Permendag 36/2023

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *