Peter Judianto, Penerima Beasiswa UT Jadi Wisudawan Terbaik Universitas Brawijaya

INDOPOS.CO.ID – Prestasi membanggakan ditorehkan oleh salah satu penerima beasiswa dari PT United Tractors Tbk (UT), yaitu Peter Ananthaputra Judianto pada saat acara wisuda Universitas Brawijaya periode VIII Tahun Akademik 2023/2024 pada Minggu (14/1/2024).

Peter berhasil meraih gelar Wisudawan Terbaik dari Program Studi Teknik Kimia dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mencapai 3,98. Prestasi luar biasa ini menunjukkan dedikasi dan ketekunan Peter dalam menyelesaikan studinya. UT hadir melalui program UT Inspiring Youth untuk mendukung keberlanjutan pendidikan generasi muda dan siswa-siswi berprestasi di Indonesia.

Memulai pendidikan dari Sekolah Dasar (SD) Kristen Kalam Kudus Malang hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Malang, Peter terus menunjukkan kegigihan selama masa sekolah menengah. Pada masa SMA, Peter berhasil meraih peringkat tertinggi pada Ujian Komputer Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Malang pada tahun 2019. Selain itu, Peter juga menempati peringkat ketiga di antara sepuluh siswa terbaik SMA Negeri dan Swasta se-Jawa Timur dengan peminatan IPA.

Kecakapan dalam bidang angka dibandingkan menghafal membuat Peter memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik Kimia di UB, meskipun ayahnya seorang dokter. Ketika memulai perkuliahan, Peter mengalami keadaan yang sulit dimana ayahnya sakit dan ibunya yang merupakan seorang guru harus membiayai keluarga dengan dua kakaknya yang juga masih kuliah di UB. Hal ini yang melatarbelakangi Peter tidak mampu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Saat mengalami kondisi yang sulit, Peter sempat ingin mengundurkan diri dari Universitas Brawijaya dan mencari kampus swasta yang lebih terjangkau. Cerita Peter beberapa tahun lalu tersebut sempat mendapat dukungan dari banyak pihak. Berkat banyaknya prestasi yang diraih selama sekolah, Peter pun menjadi sorotan media lokal. Sejak saat itu, pada tahun 2019 UT menghubungi Peter untuk memberikan beasiswa agar bisa melanjutkan pendidikannya di Universitas Brawijaya.

Baca Juga  KKP Didukung Lima Kementerian dan Perguruan Tinggi Implementasikan Program Ekonomi Biru

“Pencapaian yang diraih Peter menjadi Wisudawan Terbaik di UB sangat membanggakan bagi kami. Hal ini merupakan bukti komitmen UT dalam memberikan dukungan penuh untuk generasi muda Indonesia dalam menempuh pendidikannya. Kami berharap Peter bisa menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan bermanfaat untuk Indonesia,” kata CSR Manager UT, Himawan Sutanto seperti dikutip, Kamis (25/1/2024).

Kisah Peter ini bukan hanya tentang keberhasilan akademis, tetapi juga tentang keberanian dan ketekunan dalam menghadapi tantangan kehidupan. UT berharap para generasi muda dapat menjadi lebih tekun dan mencetak prestasi yang membanggakan. (srv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *