Soroti Konflik di Gaza, Parlemen Indonesia – RRT Sepakat Adanya Gencatan Senjata Permanen dan Solusi Dua Negara

INDOPOS.CO.ID – Parlemen Indonesia atau DPR RI bersama dengan Parlemen Tiongkok (National People’s Congress/NPC) sepakat untuk memberi perhatian terhadap perkembangan di Timur Tengah dengan memperkuat dukungan bagi penyelesaian masalah Palestina.

Hal itu menjadi salah satu poin pembahasan yang disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam kunjungan kerjanya ke Tiongkok saat melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Tiongkok, Zhao Leji di Kompleks Gedung Great Hall of The People (Balai Agung Rakyat) Tiongkok yang terletak di tepi lapangan Tiananmen, Beijing.

“Saya mengharapkan dukungan Yang Mulia untuk adanya gencatan senjata secara permanen dan segera, serta dibukanya akses terhadap bantuan kemanusiaan ke Gaza. Dengan tujuan akhir adalah implementasi adanya 2 (two) states solution,” ungkap Puan sebagaimana dikutip dari laman DPR RI, Rabu (29/5/2024).

“Indonesia dan RRT perlu bersepakat untuk menggunakan pengaruhnya dalam mencegah eskalasi konflik, dan mendukung masuknya Palestina sebagai anggota PBB,” imbuh Puan, yang mendapat dukungan dari pihak NPC Tiongkok.

Di sisi lain, pada pertemuan bilateral ini pula, Ketua Parlemen Tiongkok Zhao Leji menyatakan pihaknya menyambut hangat kehadiran Puan di RRT. Ia juga menyinggung peran Presiden pertama RI, Sukarno yang merupakan kakek Puan.

“Kami mengapresiasi keluarga Sukarno yang mempelopori persahabatan Indonesia dengan Tiongkok. RRT-RI memiliki hubungan persahabatan secara tradisional,” kata Zhao Leji yang juga mengapresiasi Demokrasi di Indonesia dan sistem Pancasila.

Zhao Leji pun memastikan Tiongkok siap bekerja sama dengan pihak Indonesia. “Untuk terus memperdalam kerja sama strategis dan komprehensif agar memberi kesejahteraan kepada negara dan rakyat kedua negara,” sambungnya.

Zhao Leji menerima Puan bersama beberapa anggota parlemen RRT antara lain Deputi Ketua NPC Ding Zhongli, Sekjen NPC Liu Qi, Ketua Komisi Kejaksaan dan Supervisi NPC Yang Xiaochao, Ketua Komisi Luar Negeri NPC Lou Qinjian, Anggota Komisi Pertanian dan Pedesaan NPC Mrs. Zhao Lixin, dan Kepala Biro Luar Negeri NPC Wang Wen.

Baca Juga  Kolaborasi Apik Bea Cukai Asean di The 39th Coordinating Committe on Customs

Sementara itu Puan didampingi oleh sejumlah anggota DPR di antaranya Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Wakil Ketua BURT DPR RI Dede Indra Permana, Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi, Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti, dan Anggota Komisi XI DPR RI Masinton Pasaribu. (dil)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *