Tanam 2.500 Bakau di Bekasi, BEM Vokasi UI Kembali Gelar Gertakau

INDOPOS.CO.ID – Bertempat di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) yang terletak di bagian Pantai Utara, Departemen Sosial Masyarakat dan Lingkungan BEM Vokasi Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar program kerja pengabdian masyarakat Gerakan Tanam Bakau (GERTAKAU Vokasi UI) 2023.

“Pada 2021 dan 2022 lalu, kami sudah menanam sebanyak 5.000 bakau di Indramayu. GERTAKAU Vokasi UI merupakan program kerja alternatif penghijauan dan peduli lingkungan pesisir untuk mengurangi efek pemanasan global yang semakin hari semakin bertambah, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya penghijauan pantai dan pemeliharaan potensi pesisir pantai yang telah ada,” ujar Yafi Shafwan, penanggung jawab Kegiatan GERTAKAU 2023.

“Pada 2023 ini, kami akan menanam 2.500 Bakau di Bekasi, yang akan ditambahkan di tahun berikutnya secara bertahap. Kami bekerja sama dengan Pokdarwis Desa Pantai Bakti, Green Welfare Indonesia dan KLHK, juga akan melakukan aksi bersih-bersih pantai dan pemasangan lampu tenaga surya. Kami, para mahasiswa, merakit panel surya secara mandiri,” tambah Yafi, mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata Vokasi UI.

“Kegiatan dibagi menjadi dua tahapan yaitu sosialisasi dan aksi. Di tahap sosialisasi kami didukung oleh Program Vokasi UI, dimana para Dosen Vokasi sebagai pengabdi masyarakat, yaitu DKS Nugraha, Mila Viendyasari, dan Devie Rahmawati menyusun materi sosialisasi dan memaparkannya di hadapan warga. Dari 50 Kepala Keluarga, kegiatan sosialisasi dihadiri lebih dari 72 peserta. Antusiasme ini berangkat dari kondisi dimana Pantai Bakti sudah mengalami abrasi sepanjang 1,5 KM,” ujar Naiko Puti Nandiati, wakil penanggung jawab GERTAKU 2023.

“Kami merasa terharu dengan keterbukaan warga, dimana tim awal sejumlah 33 orang mahasiswa tinggal bersama warga sebelum kegiatan sosialisasi berlangsung. Kegiatan dilaksanakan selama dua minggu, dimana saat tahapan aksi, akan melibatkan lebih dari100 orang mahasiswa dan dosen Vokasi UI, NGO dan masyarakat,” tutup Naiko Puti, mahasiswi Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI. (ibs)

Baca Juga  Penyaluran Bansos PKH dan Sembako Triwulan I 2024 Dimulai, KPM Apresiasi Pelayanan Kantorpos

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *