Wujudkan Transisi Energi untuk Masyarakat 3T, KPI Dukung Net Zero Emissions 2060

INDOPOS.CO.ID – Kilang Pertamina Internasional (KPI) menaruh perhatian terhadap desa yang memiliki akses terbatas pada energi bersih dan berkelanjutan. Dengan program Desa Energi Berdikari (DEB) KPI melalui Kilang Plaju mewujudkan transisi energi masyarakat 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), tidak terkecuali beberapa desa terpencil di Sumatera Selatan yang belum teraliri listrik selama puluhan tahun.

DEB yang dikembangkan Kilang Plaju ini terbukti memungkinkan masyarakatnya mendapat suplai listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) dengan kapasitas 28 kWh, serta Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 8,2 kWp berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

KPI terus berkomitmen menjadi perusahaan migas kelas dunia yang menunjukkan kepedulian pada pengembangan dan pemberdayaan komunitas masyarakat, terutama pada pemanfaatan potensi energi baru dan terbarukan.

Komitmen itu kemudian mengantarkan KPI meraih 5 penghargaan ISDA (Indonesia SDGs Awards) 2023 yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu (3/12/2023).

Raih 5 penghargaan level nasional, Bukti KPI konsisten dukung kemandirian energi Indonesia

Lima penghargaan diraih KPI Group diantaranya Refinery Unit II Dumai mendapatkan Gold Award ISDA 2023 atas pencapaian dalam pencapaian tujuan SDGs 8.3a peningkatan peluang usaha dan kerja bagi masyarakat melalui program Kampung Minapolitan yang merupakan program pemberdayaan masyarakat dumai melalui peningkatan lapangan kerja wilayah pesisir.

Refinery Unit III Plaju meraih Gold Award ISDA Awards 2023 atas kontribusinya dalam pencapaian tujuan SDGs 7.2 Pengembangan energi terbaharukan melalui program Desa Energi Berdikari Sumatera Selatan, K Refinery Unit IV Cilacap meraih Platinum Award ISDA Awards 2023 atas pencapaian tujuan SDGs 8.9 pengembangan pariwisata lokal berkelanjutan melalui program Kolak Sekacil yang merupakan program pengembangan wisata mangrove berkelanjutan.

Refinery Unit V Balikpapan mendapatkan Gold Award ISDA 2023 atas pencapaian dalam pencapaian tujuan SDGs 4.2 Peningkatan keterampilan bagi masyarakat melalui program KAPABEL (Kampung Pandai Mandiri Belajar) dan Refinery Unit VII Kasim mendapatkan Gold Award ISDA 2023 atas pencapaian dalam pencapaian tujuan SDGs 2.1 Peningkatan ketahanan pangan rumah tangga miskin melalui program Klayas Berdikari.

Baca Juga  tips diterima kerja di Jambi terkini

Dukung SDGs and Prinsip ESG

Corporate Secretary KPI, Hermansyah Y. Nasroen mengatakan, KPI sebagai Subholding Refining & Petrochemical dilingkup Pertamina Group memiliki komitmen keberlanjutan kuat terhadap implementasi ESG untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

“Salah satu strateginya dengan melaksanakan program tanggung jawab sosial yang selaras dengan prinsip ESG dan mendukung 17 tujuan berkelanjutan,” ujarnya.

Penghargaan ini, tambah Hermansyah, menjadi bukti KPI terus berkomitmen mendukung masyarakat 3T dalam penyediaan akses energi bersih dan mendukung upaya dunia dalam mencapai net zero emission 2060 melalui pengembangan program berkelanjutan dan pemanfaatan energi terbaharukan.

“Dan KPI sebagai bagian dari keluarga besar Pertamina Group sangat berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s) yang sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini Bisnis Perusahaan,” jelas Hermansyah.

ISDA 2023

ISDA merupakan ajang bergengsi yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam penyerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Penganugerahan itu untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menjalankan program CSR (Corporate Social Responsibility) dan berkontribusi terhadap 17 Tujuan SDGs.

PT Kilang Pertamina Internasional merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip ESG (Environment, Social & Governance). PT KPI juga telah terdaftar dalam United Nations Global Compact (UNGC) dan berkomitmen pada Sepuluh Prinsip Universal atau Ten Principles dari UNGC dalam strategi operasional sebagai bagian dari penerapan aspek ESG.

Baca Juga  Kemenangan Indonesia Lawan Korea Selatan Jadi Momentum Terus Kembangkan Talenta Muda

PT KPI akan terus menjalankan bisnisnya secara profesional untuk mewujudkan visinya menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata Kelola perusahaan yang baik. (srv)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *